Rabu, 18 Desember 2013

Pengaruh Globalisasi Media Massa Terhadap Hubungan Sosial Masyarakat

1.   Globalisasi media massa.
Globalisasi bermakna universal. Yaitu tidak adanya batasan wilayah seseorang dalam berinteraksi. Antar individu akan saling mempengaruhi satu sama lain yang berbeda wilayah dalam memberikan informasi secara luas melalui media massa. Gobalisasi terbentuk karena adanya kemajuan di bidang komunikasi. Sehingga globalisasi dapat diartikan juga sebagai hilangnya batasan seseorang dalam memperoleh informasi meskipun di wilayah yang berbeda.  ”Globalisasi terjadi karena faktor nilai budaya luar seperti selalu meingkatkan pengetahuan,  keterbukaan, rasionalisasi, kemampuan memprediksi, keberanian bersaing, efisiensi dan lain – lain”.[1] Globalisasi berpengaruh dalam semua aspek kehidupan di masyarakat. Ada masyarakat yang menirimanya dan ada juga yang sulit untuk menerimanya.
Media massa merupakan penunjang dalam penyebaran globalisasi dalam pembentukan opini publik. Semua individu di dunia dapat disatukan dengan media massa yang berkembang pesat dalam globalisasi ini. Jadi Globalisasi dan media massa saling mempengaruhi satu sama lain sehingga memiliki hubungan yang erat dalam konteks penyebaran informasinya.
Dalam realitasnya khususnya masyarakat indonesia sendiri mengalami banyak serbuan dari berbagai produk media massa yang sampai karena globalisasi itu sendiri. Banyak media cetak dan media elektronik yang menyebarluaskan informasi dengan mudah seperti dalam bukunya, nurudin mengatakan ciri – ciri media massa yaitu komunikator dalam komunikasi  massa atau media massa tidak hanya satu orang melainkan banyak orang yang bersifat heterogen juga. Pesannya bersifat umum dan menimbulkan kesempakan pada komunikatornya. Juga mengandalkan peralatan teknis media massa dan dikontrol oleh gatekeeper.[2] Bahkan hari wiryawan pun menambahkan bahwa media massa mencakup bebagai macam aspek kehidupan dalam masyarakat.[3]
Kebebasan pers dalam era reformasi juga merupakan salah satu faktor globalisasi berpengaruh cepat di Indonesia ini. Karena pers sangat merasakan kebebasan yang menguntungkan pihak pers sendiri dalam menyebarkan informasi. Jadi Globalisasi media massa itu berarti media massa yang mendunia dilihat dari menyebaran informasi yang terkandung dalam pesan media massa sehingga adanya media massa globalisasi semakin mencakup dunia.

2.   Pengaruh Globalisasi media massa pada hubungan sosial di masyarakat.
Di era globalisasi ini media massa sangat mudah dalam mempengaruhi hubungan sosial masyarakat. Hanya dengan media massa membawa pesan atau informasi pada media massa itu baik media cetak ataupun elektronik. Masyarakat indonesia khususnya sangat tertarik dengan adanya informasi yang baru yang membawa pengetahuan khususnya.
Media massa sendiri sangat erat hubungannya dengan masyarakat dalam bukunya teori komunikasi massa Morisan  mengungkapkan bahwa media merupakan lembaga sosial yang terpisah, namun berada dalam masyarakat. Media memiliki aturan – aturan dan tindakannya sendiri, namin media massa harus memiliki definisi atau batasan (ruang lingkup) yang jelas terhadap masyarakat yang lebih luas. Media massa bergantung pada masyarakat, walaupun lembaga ini memiliki kedudukan independen.[4]
Melalui media yang kian terbuka dan terjangkau, masyarakat menerima berbagai informasi tentang peradaban baru dari seluruh penjuru dunia. Contohnya, saat ini wanita-wanita Indonesia sangat terpengaruh oleh trend mode dari Negara Barat yang dalam berbusana cenderung minim. Sedangkan masyarakat Indonesia pada umumnya  memiliki etika dalam hal berpakaian. Itulah bagaimana globalisasi media massa sangat berpengaruh pada hubungan sosial masyarakat.  Yaitu media massa menggunakan teknologi canggih dari efek yang ditimbulkan globalisasi maka media massa menyebarluarkan dengan cepat informasi yang terkandung di dalamnya sehingga ada masyarakat yang menangkap informasinya dengan tanpa disaring sehingga berpengaruh pada hubungan sosial di dalam masyarakat. contohnya seseorang di stasiun yang menunggu keretanya duduk di kursi tunggu lebih sibuk bermain gadgetnya daripada berbincang – bincang dengan orang sebelahnya yang notabene akan memberikan banyak informasi misalnya tentag budayanya atau mungkin bercerita tentang perilaku orang – orang yang ada disekitarnya juga. Walaupun mungkin di dalam gadget itu juga mengandung lebih banyak pengetahuan, tetapi dari segi sosial budaya, mereka yang duduk bersebelahan tidak melakukan interaksi. Mereka tidak melakukan sosialisasi dengan baik. Sepeti dalam gambar dibawah ini menrupakan contoh dari dampak globalisasi media massa yang menjadikan anak kecil saja juga terpengaruh dari asiknya gadget dampak dari globalisasi.

  
 

(gambar 1 dan 2 menunjukan komunikasi yang terjalin pada orang yang ada di dekatnya tidak berjalan dengan baik karena dampak dari globalisasi media massa)

3.   Dampak dari Globalisasi media massa terhadap hubungan sosial masyarakat.
Globalisasi dan media massa memiliki pengaruh maupun peran yang saling mendukung satu sama lain. Pengaruhnya dapat berupa dampak negatif dan positif.
Dari peranan Globalisai media massa akan mendorong masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam berbagai kegiatan dan forum internasional. Dengan demikian menurut Mohammad Shoelhi, komunikasi internasional semakin dirasakan arti pentingnnya dalam pergaulan internasional guna memajukan saling pengertian dan menghilangkan kesenjangan dalam hubungan internasional.[5]
Globalisasi media massa merupakan proses yang secara nature terjadi, sebagaimana jatuhnya sinar matahari, sebagaimana jatuhnya hujan atau meteor. Terjadi benturan antar budaya dari luar negeri yang tak dikenal oleh bangsa Indonesia menjadi kehawatiran besar terasakan benar adanya ancaman, serbuan, penaklukan, pelunturan karena nilai – nilai luhur dalam paham kebangsaan.
          Pengaruh dari positif Globalisasi media massa antara lain :
1.    Pengetahuan semakin mudah didapat
Dari Globalisasi media massa, semua hal yang ada di dunia semakin mudah untuk diakses. Segalanya didapat dengan instan hanya dengan mengahadap layar komputer, hp, maupun tablet, seseorang dapat mendapatkan teman, informasi dapat didapatkan dengan mudah tanpa keluar rumah dengan berbincang dengan orang lain.
2.    Informarsi mudah disebarkan
Globalisasi menjadikan informasi mudah didapat, dengan mudah juga informasi juga  mudah untuk disebarluaskan. Saat kita mendapat informasi, tinggal mempostingkan infomasi tersebut maka seseorang dengan mudah mengakses informasinya. Atau bahkan informasi itu dapat dijual kepada lembaga media massa dan kita sendiri mendapat keuntungan.
Pengaruh negatif dari Globalisasi media massa
1.    Hilangnya rasa sosial pada masyarakat
Dengan adanya keinstanan dalam mendapatkan segala sesuatu dari dampak globalisasi media massa, seseorang akan mengalami juga rasa sosial yang luntur. Yaitu karen seseorang akan malas keluar rumah sehingga tidak ada proses sosialisasi yang terjalin hanya dengan tetangga sendiri saja.
2.    Hilangnya kebudayaan
Hilangnya kebudayaan sangat disayangkan sekali pada dampak globalisasi media dengan adanya globalisasi media seseorang tidak mengindahkan budaya yang ada di masyarakat misalnya saja dalam sebuah kampung misalnya diadakan gotong royong, tetapi banyak warga yang dengan sengaja membayar orang saja untuk mengikuti gotong royong. Padahal dalam acara tersebut tidak hanya bertujuan untuk membersihkan lingkungan atau memperindah lingkungan tetapi juga supaya proses sosialisasi melalui obrolan – obrolan yang terjadi sehingga seseorang dapat bersosialisasi. Contoh kasus lain, budaya bermain anak – anak pada sore hari berkumpul bermain – main bersama juga hilang karena dampak globalisasi media juga yang membuat game anak – anak dengan praktis ada di dalam gadget.



[1] http://kuliahonlinekomunikasi.blogspot.com/2011/09/media-massa-dan-globalisasi.html, dikutip pada 25 Juni 2013, pada pukul 16.15 WIB.
[2] Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa. (Jakarta, 2013). hlm. 19
[3] Hari Wiryawan, Dasar-dasar Hukum Media. (Yoyakarta, 2007).  hlm. 44
[4] Morisan dkk, Teori Komunikasi massa, media, budaya dan masyarakat. (Bogor : 2013) hlm 2
[5] http://www.karangasemkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=759:dampak-globalisasi-terhadap-budaya-lokal-dan-prilaku-masyarakat, di kutip pada tanggal 25 Juni 2013, pukul 18.05 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar